Jelang Ramadhan Permintaan CPO Meningkat

Dengan cara ini, PLN disebut akan lebih efisien dalam membeli limbah kelapa sawit dibanding membeli satu per satu dari PKS. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Loading...

PEKANBARU – Kenaikan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode pekan ini disokong oleh adanya kenaikan permintaan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah dari China, negara-negara di Timur Tengah dan Pakistan.

“Negara-negara tersebut mulai menyiapkan stok untuk menyambut bulan Ramadhan,” kata Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu di Pekanbaru, Kamis (3/5/2018).

Selain itu, faktor eksternal lain yang mempengaruhi perbaikan harga CPO ini, diantaranya dikarenakan produksi yang relatif rendah akibat panen yang sedang trek atau turun. “Kondisi ini turut membantu peningkatan harga jual CPO,” sebutnya.

Sedangkan, lanjut Tengku, faktor internal yang menyebabkan naiknya harga jual CPO dan kernel pada beberapa perusahaan sumber data, terutama harga kernel yang mengalami kenaikan pada seluruh perusahaan.

Loading...

Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp 8,28/Kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 200,53/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 25,46/Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp 7,38/Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar Rp 73,82/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 147,28/Kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 184,33/kg dari harga minggu lalu.

[mcr/mcr]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan