Tahun Ini Akan Dimulai Pembangunan SPAM Regional Durolis

Loading...

Menitone.com – Tahun ini pembangunan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai, Rohil, Bengkalis) akan dimulai.

Hal tersebut dikatakan Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS MSi usai melantik pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, beberapa waktu lalu.

SPAM Durolis akan memanfaatkan sumber air dari Sungai Rokan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Tim dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) RI sudah meninjau sumber air.

Pemko Dumai juga sudah menyiapkan lahan seluas empat hektar untuk tempat penampungan air sebelum diolah menjadi air bersih.
“Lahan tersebut berada di Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan, lahan seluas empat hektar akan kita jadikan tempat penampungan air dari Sungai Rokan sebelum diolah menjadi air bersih. Sistemnya air yang disalurkan dari Sungai Rokan kita ukur dan kita beli dengan satuan meter kubik,” katanya.

Loading...

Mengenai sistem distribusi air dari Sungai Rokan, Dumai akan mendapat jatah sekitar 150 liter per detik. Sisanya akan diproduksi oleh pihak swasta sekitar 100 liter per detik sumber air dari Bukit Timah Kota Dumai.

Lanjutnya, pembangunan SPAM Durolis dilaksanakan dengan sistem anggaran sharing budget antara Pemerintah Pusat (APBN), dan daerah (APBD) dibantu anggaran Pemerintah Provinsi.

“Pemerintah Pusat bangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Intake termasuk pipa distribusi jaringan utama atau DJU, sedangkan Pemerintah Daerah menyiapkan anggara untuk instalasi air bersih seperti pemasangan pipa distribusi ke rumah-rumah,” jelas Walikota.(hrc)

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan