Ribuan Jamaah Padati TBG Dengarkan Tausiah Ustadz Abdul Somad

Loading...

DUMAI – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H / 2018 M, Pemerintah Kota (Pemko) melalui Bagian Adm Kesra Setdako Dumai menyelenggarakan tabligh akbar dengan mengundang Ustad Abdul Somad, Lc, MA.

Tabligh akbar yang berlangsung di Taman Bukit Gelanggang (TBG) Jalan HR Soebrantas tersebut dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Dumai, Sekda Dumai, Ketua DPRD Dumai beserta Wakil, unsur Forkompimda serta ribuan umat muslim yang ada di Kota Dumai.

Dalam sambutannya, Walikota Dumai Drs Zulkifli AS terlebih dahulu mengucapkan Marhaban Ya Ramadha.

“Bersyukur kita kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita sehingga kita dapat bertemu kembali pada bulan suci Ramadhan tahun 1439 H / 2018 M dalam beberapa hari kedepan, Insya Allah. Sebagai hamba sesungguhnya kita tidak mempunyai arti dimatanya jika kita tidak bersujud dan bersyukur. Terutama pada bulan suci Ramadhan yang akan segera menyentuh hati nurani kita selaku hambaNya,” ujar Zul As.

Loading...

Seperti Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 183 (artinya); Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa;.

Selaku pemerintah, Walikota Dumai berpesan ;

Pertama, marilah kita sambut kedatangan bulan Ramadhan ini dengan penuh suka-cita serta penuh pengharapan. Marilah kita jadikan bulan puasa sebagai arena untuk penempaan jiwa kita sehingga meraih tujuan utama puasa, yaitu meningkatnya ketakwaan kepada Allah SWT. Tanpa meninggalkan kewajiban pada diri sendiri, gugahlah pemuda pemudi kita untuk memakmurkan masjid-masjid dengan ibadah tarawih, tadarus Al-qur’an, dzikir, dan pendalaman ajaran-ajaran Islam. Dengan demikian, kita memiliki ilmu sebagai landasan amal, dan kita mampu beramal atas dasar ilmunya, sebagaimana sering diajarkan oleh para alim ulama, hendaknya kita berilmu amaliyah, dan beramal ilmiyah.

Kedua, marilah kita jadikan bulan puasa untuk mempererat ukhuwah islamiyah di antara sesama kaum muslimin dan segenap komponen masyarakat Kota Dumai.

Ketiga, saya mengajak untuk menunaikan kewajiban zakat, bukan hanya zakat fitrah yang ditunaikan pada akhir bulan Ramadhan, tetapi juga zakat-zakat lain seperti zakat mal dan zakat perniagaan, di samping infaq dan shodaqoh. Hal tersebut mengingat sudah menjadi kebiasaan kaum muslimin untuk menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai perhitungan haul atau perhitungan akhir tahun. Saya mengajak untuk menyalurkan zakat, infaq, dan shodaqoh kepada Badan Amil Zakat (BAZ) atau Unit Pelaksana Zakat (UPZ) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Usai sambutan Walikota Dumai, Acara Tabligh Akbar pun langsung di pimpin Tuan Guru Ustadz Abdul Somad. Kegiatan yang berlangsung lebih kurang satu setengah jam tersebut tidak hanya diisi dengan tausiah agama, melainkan juga berlangsung tanya jawab. Tabligh akbar pun ditutup dengan Do’a.

[Dika Cahaya Putra]

Loading...

Comment