News  

Calon Jembatan Terpanjang di RI

Loading...

Menitone.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah merampungkan kajian aerodinamik jembatan di Kalimantan Selatan. Jembatan ini nantinya menghubungkan pulau utama Kalimantan di Kabupaten Tanah Bumbu dengan Pulau Laut, Kabupaten Kota Baru.

Jembatan ini nantinya memiliki panjang 6.475 meter dan diperkirakan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

“Ini jembatan penghubung kalimantan sama Pulau Laut di Kalimantan Selatan 6.475 meter. Mulai sekarang udah mulai (pembangunan) karena tempat kita uji aerodinamik,” kata Engineer BPPT, Novan dalam acara Bekraf Habibie Festival 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dilansir detikFinance, Selasa (8/8/2017).

Uji aerodinamik yang dilakukan BPPT memperhitungkan kecepatan angin yang mempengaruhi getaran jembatan yang membentang di atas laut tersebut. Ada beberapa titik yang dilakukan uji coba dengan getaran maksimum dengan memperhitungkan kondisi angin di wilayah tersebut.

Loading...

“Ini simulasi terowongan angin dikasih dengan kecepatan udara maksimum 30 meter per sekon. Dari awal disesuaikan dengan kondisi di sini,” tutur Novan.

Dalam miniatur yang ditampilkan pada booth BPPT, jembatan penghubung antar pulau di Kalimantan Selatan ini sepintas sama dengan jembatan pada umumnya. Jembatan ini nantinya memiliki 4 lajur, dengan rincian 2 lajur untuk motor dan 2 lajur untuk mobil.

Ada dua tiang pancang berdiri kokoh yang juga dieratkan dengan tali baja ke badan jembatan. “Sementara ini nanti jadi yang terpanjang dan juga tahan gempa,” ujar Novan.

Novan menambahkan, uji coba aerodinamik di BPPT hanya berlangsung kurang dari satu bulan. Setelah uji coba aerodinamik selesai, maka uji coba material jembatan dilakukan di unit berbeda.

“Enggak sampai satu bulan untuk pengujiannya cuma persiapan alat-alat instrumentasi macam-macam,” tutur Novan. (rdk/dtk)

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan