News  

Pasukan Berkuda Akan Sambut Raja Salman di Istana Bogor

Presiden Jokowi disambut di Mako Paspampres (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Loading...

Menitone.com – Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada Rabu (1/3) mendatang akan disambut dengan parade kebesaran oleh Paspamres di Istana Bogor.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan dalam parade tersebut Paspampres akan naik kuda untuk menyambut kedatangan Raja Salman.

“Parade kebesaran pakai kuda, pakai Paspampres. Ini pernak-pernik yang baru sejak Pak Jokowi, pasukan tradisional dan drum band, serta siswa sekolah sebagai pernak-pernik menunjukkan keakraban,” ujar Darmansjah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/2).

Raja Salman akan tiba di Istana Bogor pada pukul 13.15 WIB. Sebelum ke istana, Raja Salman juga akan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo di Bandar Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Loading...

Darmansjah mengatakan, saat Raja Salman turun dari pesawat, Jokowi menunggu di ujung tangga penghubung pesawat untuk kemudian menemani Raja Salman menuju mobil raja.

“Raja touchdown pukul 12.30 WIB di Halim disambut presiden secara pribadi di tangga pesawat dan nanti presiden dengan karpet merah menuju mobil raja,” katanya seperti diberitakan Kumparan.

Setelah raja dipersilakan masuk ke dalam mobil, presiden akan kembali ke mobilnya yang berada di samping mobil raja. Presiden Jokowi akan mendahului Raja Salman menuju Istana Bogor. Presiden mendahului Raja Salman agar bisa iktu menyambut Raja Salman saat tiba di Istana Bogor.

“Waktu sebelum naik ke mobilnya, Presiden pamit ‘Saya duluan ya, saya mau ke Istana Bogor, sampai ketemu di Istana Bogor’ dan langsung pergi presiden. Jadi di sini (Halim) disambut, di Istana juga disambut,” ujarnya.

Sejumlah persiapan yang dilakukan dalam menerima kedatangan Raja Salman, kata Darmansjah, sudah sesuai dengan prosedur tetap penyambutan kunjungan kenegaraan yang berlaku sejak era Presiden Soekarno.

“Perjamuan kita baik dari protokol maupun keamanan hingga makanan, itu tergantung sifat kunjungan itu sendiri. Sifat kunjungan kan ada tiga, yang paling tinggi dengan simbol-simbol kebesaran yaitu state visit atau kunjungan kenegaraan. Kunjungan Raja Salman ini kunjungan kenegaraan,” ujar Darmansjah.

[rdk/rdk]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan