News  

Pemko Pekanbaru Bakal Lakukan Pemekaran Tiga Kecamatan

Loading...

PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana melakukan pemekaran Kecamatan yang sudah ada saat ini. Tahap awal, pemekaran akan dilakukan di Tiga Kecamatan.

“Ya, awalnya kita mekarkan Kecamatan Tampan, Rumbai dan Rumbai Pesisir. Untuk Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir dimarger (digabungkan, red). Selain itu, ada kelurahan di Kecamatan Payung Sekaki dimasukan ke Kecamatan Tampan,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru, Azwan, Kamis (19/3/2018).

Dikatakan Azwan, pihaknya saat ini tengah melengkapi persyaratan administrasi dan teknis sebelum dimasukan dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pekanbaru.

Pihaknya juga telah membahas dari sisi kesiapan Sumber Daya Manuasi (SDM), anggaran dan sisi pelayanan administrasi kependudukan.

Loading...

“‎Kita juga sudah berkonsultasi dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri, red). Ada beberapa arahan yang diberikan dan itu sudah ditindaklanjuti, secara teknis sudah kita penuhi,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai pemberian nama terhadap tiga kecamatan baru tersebut. Dia menyebutkan, ‎akan meminta masukan dari anggota DPRD dan tokoh masyarakat. Namun Azwan memperkirakan Kecamatan Tampan akan berubah nama, mengingat nama Tampan sama dengan nama kelurahan di Kecamatan Payung Sekaki.

“Begitu juga dengan nama Kecamatan Rumbai Pesisir yang nantinya akan dihapuskan. Kita usulkan nama Rumbai itu sendiri, karena historisnya. Kemudian di sana nanti ada nama Kecamatan Rumbai Barat, untuk Rumbai Pesisir diganti Rumbai Timur. Sedangan Tampan diganti namanya dengan Binawidya, tapi ini baru sekedar usulan. Finalnya nanti di DPRD,” pungkasnya

[mcr/mcr]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan