News  

Polisi Segera Periksa Sylviana Murni Terkait Kasus Masjid Al Fauz

Masjid Al Fauz. (Detikcom/Hasan Alhabshy)
Loading...

Menitone.com – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Polri meningkatkan status kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan Masjid Al Fauz, Jakarta Pusat dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Untuk kepentingan penyidikan, polisi segera memanggil Wali Kota Jakarta Pusat 2008-2010, Sylviana Murni, dalam waktu dekat.

“(Segera) nanti dipanggil,” ujar Kepala Sub Direktorat I Tipidkor Bareskrim Polri Komisaris Besar Ade Deriyan, di Jakarta, Selasa (24/2).

Masjid Al Fauz yang berlokasi di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat dibangun periode tahun anggaran 2010 dan 2011, saat Sylviana menjabat walikota.

Loading...

Meski telah meningkatkan status kasus, penyidik belum menentukan tersangka dalam kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebesar Rp27 miliar itu.

“Belum ada tersangka, itu tidak harus langsung naik tersangka. Sidik justru untuk mencari tersangkanya,” kata Ade.

Penyidik, kata Ade, sudah punya dua alat bukti untuk menaikkan status kasus ini menjadi penyidikan. Namun, Ade menolak membeberkan bukti yang dimiliki penyidik tersebut.

“Pastinya didukung dengan dua alat bukti bahwa diduga ada tindak pidana, semua itu ada mekanismenya,” kata dia.

Sementara itu, menurut Ade, penyidik sudah memeriksa lebih dari 20 orang saksi, baik saksi di lapangan maupun saksi ahli. Menurutnya, penyidik akan menargetkan memeriksa 30 orang sebagai saksi dalam kasus ini.

Masjid Al Fauz diresmikan oleh Fauzi Bowo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 30 Januari 2011. Masjid dua lantai itu dibangun menggunakan dana anggaran pendapatan daerah (APBD) 2010 sebesar Rp27 miliar.

Seremoni peletakan batu pertama masjid tersebut digelar awal Juni 2010. Sementara itu, proses pembangunan selesai akhir Desember 2010.

Pada Jumat pekan lalu, Sylviana menjalani pemeriksaan untuk kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) Kwarda Pramuka DKI Jakarta.

(cnn/cnn)

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan