oleh

Lahan Kawasan Lubuk Gaung Kembali Terbakar

-Peristiwa-5.035 views
Loading...

PEKANBARU – Lubuk Gaung Dumai kembali membara. Sempat padam dan sudah dilakukan pendinginan, kini kembali menyala. Bahkan luasan terbakar meluas hingga di sekitar lahan yang sebelumnya sudah diklaim zero fire spot atau bebas titik api.

“Kembali menyala, setelah sebelumnya sudah berhasil dipadamkan. Lahan terbakar terus meluas,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, Ahad (19/8/2018), saat menceritakan hasil patrolinya bersama TNI, Polri serta pihak kehutanan kemarin sore.

Sanger meyakini, kawasan Lubung Gaung yang kembali terbakar hebat tersebut, ada unsur kesengajaan atau sengaja dibakar oleh orang tak bertanggung jawab. Mantan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru ini bahkan benar-benar tak bisa menyembunyikan kegeramannya ketika melihat gumpalan asap pekat yang membumbung tinggi, akibat kebakaran tersebut.

Ada pun unsur duagaan kesengajan kebakaran itu tegas Sanger dilandasi terlihatnya pondok-pondok di sekitaran areal lahan yang terbakar. Selain itu, titik-titik api yang membakar lahan tersebut persis bersebelahan dengan perkebunan sawit yang terdapat kanal bloking.

Loading...

Melihat kondisi ini, semakin meyakinkan adanya dugaan unsur kesengajaan di kawasan Lubung Gaung yang kembali membara itu. Sanger pun mengatakan, sangat wajar dan mendukung statmen Dansatgas Karhutla Riau yang juga Danrem 031/WB Brigjend TNI Sony Aprianto yang memerintahkan aparat melakukan tembak ditempat, kepada pelaku yang terbukti membakar lahan.

Terlebih dalam jumlah yang luas, demi kepentingan pribadi atau pihak tertentu. “Jelas sekali ada unsur kesengajaan. Dari patroli saya bersama unsur TNI, Polri dan Kehutanan menemukan pondok-pondok di sekitaran lahan terbakar, sementara disebelahnya perkebunan sawit,” papar Sanger. (mcr/mcr)

Loading...

Komentar

Be Smart, Read More