Sport  

Valentino Rossi Ingin Jajal Ban Baru di Sirkuit Austin

Valentino Rossi membuka diri untuk menguji coba ban depan baru dari Michelin yang memiliki daging ban lebih keras.(AFP PHOTO / JUAN MABROMATA)
Loading...

Menitone.com – Kisruh tentang ban yang disuplai tunggal Michelin untuk para pebalap MotoGP kembal terjadi pada musim kompetisi 2017.

Pada seri kedua MotoGP yang berlangsung di Argentina dua pekan lalu, Michelin meminta para pebalap menguji coba ban depan dengan daging ban (carcass) baru. Rencana itu batal karena Safety Commite (SC) melakukan veto.

Alasannya adalah waktu yang mepet akibat ban baru tiba di sirkuit Termas de Rio Hondo pada Jumat (7/4) malam.

Kini, jelang GP Amerika Serikat (AS) di Austin, Texas, akhir pekan ini, Michelin dinilai bakal kembali mengajukan ban baru itu untuk diuji coba.

Loading...

Menanggapi hal tersebut, pebalap veteran MotoGP Valentino Rossi menyambutnya dengan baik. Setelah batal diuji coba di Argentina, pria 38 tahun itu merasa ban itu lebih cepat lebih baik untuk dites para pebalap.

“Tentang ban depan? Saya kira ini akan menarik untuk mencoba yang lebih kaku, bukan hanya bagi saya tapi juga para pebalap lain,” tukas Rossi seperti dikutip dari Motor Sport edisi Italia, Selasa (18/4).

Tentang ban untuk roda depan tersebut, Rossi dan juga beberapa pebalap lain memang mengeluhkan yang dipakai saat ini.

Menurut mereka ban depan menggunakan spesfikasi yang dipakai pada 2016 silam. Pada spesifikasi itu carcass dirasakan Rossi dan beberapa pebalap kurang kaku.

Rossi dan Andrea Iannone misalnya sama-sama mengaku kesulitan mengembangkan kecepatan karena ban tidak bisa tahan lama.

“Di Argentina bahkan ada beberapa yang jatuh karena ban depan. Dalam kasus-kasus ini, ini akan terus terjadi dengan apa yang mereka berikan kepada kami [spesifikasi ban 2016],” ucap Rossi.

Rossi mengakui karakter ban Michelin belum bisa dibandingkan dengan penyuplai tunggal sebelumnya, Bridgestone.

“Sebelumnya, dengan Bridgestone, jika Anda memulai balap dari barisan ketiga akan sangat rumit. Namun, sekarang pada fase awal balap harus sedikit lebih hati-hati,” ujar Rossi.

[cnn/cnn]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan