oleh

7 Destinasi Baru yang Wajib Dikunjungi di Lembata NTT

-Traveler-1.504 views
Loading...

TRAVEL – Bagi seorang traveler mengunjungi wilayah Timur  Indonesia adalah hal yang wajib dilakukan. Karena di daerah tersebut banyak sekali destinasi wisaat alam yang sangat mempesona dan unik yang bisa membuat jatuh cinta dengan keindahan alamnya.

Melansir dari laman Okezone, ada juga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mempunyai destinasi wisata yang sangat terkenal di kalangan traveler. Karena Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue.

Kemudian ada juga tiga pulau utama di NTT yang sudah tidak diragukan lagi keindahan wisata alamnya yakni Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor.

Tapi tahukan Anda, dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di NTT, yang menjadi perhatian adalah Pulau Lembata yang menawarkan destinasi wisata mulai dari darat dan laut yang bisa dinikmatai hanya dengan mengunjungi satu pulau tersebut.

Loading...

Dari buku wisata di Pulau Lembata, ada sekitar 6 destinasi wisata yang bisa Anda dapatkan sekali pergi ke Lembata:

1. Gunung Batutara
Gunung Batu Tara adalah salah satu destinasi wisata unik yang ada di Pulau Lembata. Gunung yang dulunya disebut sebagai Pulau Hantu ini berada di bawah laut dan meletus setiap 20 menit sekali dan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Bagaimana tidak, wisatawan bisa menyaksikan letusan gunung tersebut dari jarak 50 meter dan dipastikan aman bagi manusia dan lingkungan.

Untuk menikmati keindahan dari muntahan lava gunung tersebut, disarankan untuk datang pada malam hari atau subuh menjelang fajar karena Anda akan takjub melihat pemangan di depan mata Anda yang begitu mempesona.

Gunung ini terletak sekitar 50 kilo meter dari kota Lewoleba dan Anda harus menyebrang menggunakan kapal. Meski demikian, banyak wisatawan tetap berbondong-bondong mengunjunginya.

2. Bukit Cinta
Dalam perjalanan mengitari wilayah pesisir Lembata ke arah barat pulau, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang mempesona. Tepatnya, sebelum tiba di Pantai Loang, juga pantai pesisir Pasir Putih Minggar. Setelah sekitar 10 kilometer meninggalkan Kota Loweleba, Anda akan tiba di wisata alam yang dipenuhi oleh ilalang.

Wisata alam dari ketinggian ketinggian tersebut disebut sebagai Bukit Cinta. Bukit ini menawarkan pemandangan eksotisnya savana dan perairan yang mengelilingi Pulau Lembata. Padang savanan tersebut akan menemani perjalanan Anda hingga menggapai puncak di bukit cinta. Tepat di puncak bukit terdapat sebuah pelataran kokoh bertuliskan love yang sungguh menyajikan pemandangan yang sangat indah apalagi jika mengunjunginya bersama pasangan Anda.

Untuk mencapai bukit ini, Anda bisa trekking atau menggunakan mobil. Pada Agustus atau musim kemarau, Bukit Cinta semakin menarik karena menawarkan panorama alam dengan padang rerumputan dan tanah berwarna coklat.

3. Lamalera
Bagi yang pernah ke Lamalera, negeri para pemburu paus ini pasti setuju jika dikatakan bisa membuat jatuh cinta. Karena semua yang kesana pasti akan selalu merindukan kampung nelayan tradisonal di desa Lamalera tersebut. Bukan hanya karena sejuk karena penuh pepohonan, tapi karena kampung nelayan ini dinilai punya magis tersendiri.

Jika, Anda ke Lembata NTT maka tempat ini juga wajib Anda kunjungi, karena masyarakatnya masih menjaga kepercayaan tri tunggal yang membingkai kehidupan warga kampung bebatuan tersebut.

Lamalera terletak di Kecamatan Wulandoni yang terdiri dari dua sub desa yaitu desa Lamalera A dan B. Selain itu, Anda bisa menikmati wisata budaya dan bahari yakni pemburuan ikan paus secara tradisonal yang hanya menggunakan peralatan tradisional seperti perahu kayu dengan menggunakan layar dan tombak dengan ujung baja. Tradisi ini masih berlangsung hingga saat ini.

4. Bukit Doa Watomiten
Bukit yang tadinya gersang ini disulap menjadi sebuah bukit doa yang indah, teduh, dan sakral. Bukit doa ini berada tak jauh dari Bukit Cinta, hanya perlu sekitarv 3 kilometer. Ini menjadi salah satu wisata rohani yang menjadi kunjungan wajib bagi umat kristiani.

Untuk mencapai bukit doa indah ini, maka Anda harus siap berjalan kaki sekitar 1 km dengan menaikan anak tangga dan 14 pemberhentian yang melambangkan kisah sengsara Yesus. Bukit ini terletak di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan.

5. Pantai Pasir Putih Bean
Pantai Bean merupakan surga bagi para wisatawan domestik dan mancanegara. Tatkala cahaya matahari retak di horison langit barat, Bean menyuguhkan panaroma alam nan indah. Pantai ini diyakini sebagai Firdaus terakhir ini seolah menguak rahasia keagungan Tuhan atas tanah Lembata.

Pantai ini terletak di ujung Pulau Lembata, berhadapan langsung dengan Pulau Alor tepatnya di desa Bean, Kecamatan Bayusari dengan jarak tempuh 82 km dari kota Lewoleba.

6. Teluk Nuhanera
Lembata punya sebuah teluk yang sangat teduh dan damai untuk dinikmati. Dari tengah teluk Nuhanera, Anda bisa menikmati lekak-lekuk pulau Lembata. Setiap tahun di tempat ini akan diadakan festival.

Nuhanera berada tidak jauh dari kota Lewoleba. Dengan dukungan akses jalan raya yang relatif lebih baik dibandingkan kondisi di belahan Lembata lainnya sehingga Anda bisa tiba dengan cepat di daerah tersebut.

7. Laut Lembata
Alam bawah laut Lembata sangat indah dan elok. Posisinya yang diapit oleh pulau Flores, Adonara, Solor dan Alor ini membuat Lembata Punya banyak selat dan jenis arus laut yang berbeda.

Laut lembata ini, memiliki jutaan biota yang hidup di dalamnya. Sehingga tidak diragukan lagi keindahannya. Maka bagi Anda yang berkunjung kesana maka wajib melihat keindahan bawah lautnya yang bisa Anda lakukan dengan snorkling.

[okz/okz]

Loading...

Komentar

Be Smart, Read More