News  

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan Sore Ini

Loading...

JAKARTA – Sidang isbat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1438 Hijriah akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) hari ini. Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia.

“Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kementerian Agama, M Thambrin dikutip dari kemenag.go.id, Jumat (26/5).

Menurutnya, sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Nomor 6 Jakarta, sore nanti sekitar pukul 17.00 WIB.

Sidang isbat akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Loading...

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Setelah salat Magrib berjemaah, dilanjutkan sidang isbat dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais).
Selanjutnya, hasil sidang isbat akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers.

[rdk/rdk]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan