News  

Ribuan Pelajar Bogor Dikerahkan Sambut Raja Salman

Puluhan ribu pelajar di Bogor dikerahkan untuk menyambut Raja Salman. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Loading...

Menitone.com – Pemerintah Kota Bogor meminta pelajar yang ada di kota hujan itu untuk ikut menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al Saud.

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut ada 50 ribu pelajar dan 10 ribu guru ikut menyambut kedatangan orang nomor satu di Arab Saudi itu.

Mereka tumpah ruah di sekitar Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3) siang. Bima mengatakan antusiasme pelajar dan guru di Bogor cukup tinggi untuk menyambut kedatangan tamu negara itu.

“Antusias, harusnya kumpul jam 12, tapi jam 10 sudah pada kumpul. Total ada 50 ribu pelajar, gurunya 10 ribu,” kata Bima di depan Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).

Loading...

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Pemerintah Kota Bogor telah berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Para pelajar dan guru saat ini sudah menyemut di area sekitar Istana Bogor. Mereka berkumpul di trotoar jalan depan sambil menggenggam bendera Indonesia dan Arab Saudi.

Mereka melingkari trotoar Istana Bogor yang meliputi Jalan Otista, Jalan Juanda, juga kawasan Balai Kota Bogor. Para pelajar yang didampingi gurunya itu tampak antusias menunggu kedatangan Raja.

Salah seorang guru, Salamah, mengaku membawa 100 orang murid dari SD Negeri Cimahpar 01 Bogor Utara. Mereka sudah bersiap sejak pukul 09.00 WIB. “Memang kami semua diarahkan untuk menyambut Raja ya, dari SD sampai SMA,” katanya.

Guru SD Negeri Cibuluh 1 Bogor Utara, Tata, mengaku membawa 208 anak muridnya. Mereka diangkut menggunakan sejumlah kendaraan yang disiapkan. “Kami berangkat dari jam 09.00 WIB,” kata Tata.

Seorang siswi kelas XI SMA 1 Bogor, Rizka Ghania juga tampak antusias. Dia dan teman-temannya sudah bersiap sejak pukul 10.00 WIB. Kendati ada acara penyambutan, proses belajar mengajar, kata Rizka masih sempat berjalan pagi tadi.”Kami masih belajar tadi sampai istirahat,” katanya.

Hingga saat ini sejumlah pelajar terus memadati area luar Istana Bogor. Mereka ditempatkan secara rapi melingkari area luar Istana Kepresidenan Bogor.

Raja Salman tiba di Indonesia hari ini setelah melakukan lawatan kenegaraan di Malaysia. Ia akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma dan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Begitu mendarat, Raja Salman akan langsung menuju Istana Bogor untuk mengikuti berbagai acara penyambutan. Ini merupakan kunjungan kedua keluarga kerajaan Arab Saudi ke Indonesia setelah tahun 1970.

Rombongan Raja Salman berjumlah 1.300 orang. Dia juga membawa serta 25 pangeran, 10 menteri dengan menggunakan tujuh pesawat Boeing serta satu buah pesawat Hercules.

Pelajar Antusias Sambut Kedatangan Raja Salman

Ribuan pelajar di Bogor menunjukkan antusias yang tinggi dalam menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. Mereka yang berjajar di pinggir jalan terdiri dari pelajar tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah (SMA).

Salah satunya Salsabilayuti, pelajar SMA Negeri 1 Bogor. Ia dan rekan-rekannya sudah membaca berita terkait rencana kedatangan Raja Salman ke Indonesia.

Salsa menyatakan tak sabar melihat sosok Raja Arab itu. Ia menunggu di sekitar Istana Kepresidenan Bogor sejak pukul 11.00 WIB. “(Tahu) Raja Salman. Saya sudah baca berita dan informasi tentang dia, ke Indonesia kan mau investasi,” katanya.

Begitu juga dengan rekan satu sekolahnya yang ditemui terpisah, Salsabila. Ia mengatakan tak mau melewatkan momentum lawatan Raja Salman ke Istana Kepresidenan Bogor.

Salsabila mengatakan, akan mengabadikan lawatan Raja Salman dengan kamera telepon pintarnya. “Iya, aku mau abadikan foto sama video pas lewat. Enggak mau ketinggalan aku, kak,” ujarnya sambil memegang bendera Indonesia dan Arab Saudi.

Sementara itu, pelajar SMP Negeri 6 Bogor, Indrayana mengatakan, sejak pukul 10.30 WIB menunggu di kawasan Istana Bogor bersama pelajar lainnya.

“Saya sama guru-guru dan teman lain, mau lihat aja Pak Presiden (Jokowi) sama Raja Arab kan datang, mau lihat ramai-ramainya mereka dikawal, ya tahunya Raja Arab sudah lama enggak pernah dateng kan ke Indonesia,” ujar Indrayana.

Pantauan semakin antusiasnya para pelajar menunggu. Mereka juga rela duduk – duduk di sepanjang trotoar, yang nantinya akan dilalui oleh Raja Salman beserta rombongannya. Petugas keamanan sempat meminta pelajar untuk tidak duduk di jalan raya.

“Ayo adik-adik mundur dulu, masih belum datang ya, masih lama. Jangan duduk-duduk di jalan, arus lalu lintas masih dipakai pengguna jalan, ya,” ujar salah satu petugas polisi militer di lokasi.

Sampai berita ini diturunkan, arus lalu lintas terpantau macet. Polisi terus melakukan sterilisasi sekitar area Istana Kepresidenan Kota Bogor.

[cnn/cnn]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan