Ini 12 Hal Perlu Diperhatikan Para Bikers Berkendara Saat Hujan

Loading...

JAKARTA – Musim penghujan mulai datang. Tentunya, bagi para bikers harus lebih hati-hati saat di perjalanan. Berkendara saat hujan, dibutuhkan kewaspadaan ekstra karena kondisi jalan yang licin, genangan air kadang ada lubang yang tidak kelihatan dan sangat membahayakan.

Tak hanya itu, risiko konsentrasi terganggu akibat kedinginan pun akan menghantui. Kemudian jarak pandang berkurang, dan daya cengkeram ban pun berkurang.

Dikutip merdeka dari laman astra-honda.com, ada 12 tips yang perlu diketahui jika terpaksa berkendara saat hujan.

1. Pastikan fisik prima
Berkendara dengan kondisi sakit, letih, lelah, atau seusai minum obat dapat menganggu konsentrasi karena mengurangi refleks dan kemampuan pengambilan keputusan dalam kondisi kritis. Dalam kondisi hujan tubuh akan menggigil dan tidak bisa berkendara dengan baik.

Loading...

2. Kenakan mantel hujan
Saat hujan, bikers perlu mengenakan mantel hujan, namun perlu pula dipastikan mantel hujan itu dipilih dari jenis yang tepat. Mantel hujan yang tepat adalah yang tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala hingga seluruh tubuh ketika berkendara.

Sebaiknya, mengenakan mantel hujan yang terdiri atas bagian celana dan bagian jaket. Upayakan juga mantel hujan memiliki unsur yang bisa berpendar ketika terkena cahaya. Konsep ini bagian dari upaya terlihat dan melihat ketika berlalu lintas di jalan.

Hindari penggunaan mantel hujan bertipe ponco. Mantel hujan bertipe ponco cenderung tidak aman karena berpotensi tersangkut diroda atau terkait di kendaraan lain. Selain itu, jika hujan disertai angin tipe mantel hujan ini tidak menutupi tubuh secara baik.

3. Gunakan sepatu boot
Sepatu yang menutupi bagian mata kaki serta terbuat dari bahan plastic atau karet lebih melindungi kaki dari rendaman air sehingga tidak kedinginan.

4. Pastikan ban prima
Ban yang kembangnya bagus akan memiliki daya cengkeram lebih baik di atas aspal, Karena itu, ban yang kembangnya sudah habis atau botak akan membahayakan karena licin. Perlu diperhatikan tekanan angin ban agar dalam kondisi cukup, tidak kempes maupun terlalu keras.

5. Kondisi rem bagus
Kondisi jalan yang licin membutuhkan tingkat dan teknik pengereman yang tepat agar tidak mudah tergelincir. Kondisi keseluruhan fungsi rem dalam keadaan bagus dapat mengurangi potensi kecelakaan akibat tergelincir karena jalan yang licin.

Loading...

Comment