Sport  

Modifikasi Radikal Ducati Bikin Tim Lain Kembali ke Meja Riset

Pelarangan winglets atau sayap pada fairing membuat Ducati muncul dengan modifikasi fairing yang radikal jelang musim kompetisi 2017. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Loading...

Menitone.com – Direktur balap tim MotoGP Aprila, Romano Albesiano, mengaku dirinya tak habis pikir saat melihat modifikasi fairing tim balap Ducati.

Ducati yang dulu pernah mengejutkan publik MotoGP saat menelurkan inovasi sayap pada fairing, kini melakukan modifikasi radikal atas aturan pelarangan sayap tersebut.

Ducati muncul dengan tiga lubang angin–dua di bagian sayap yang lebih lebar sebagai imbas dari aturan pelarangan sayap tersebut. Hal itu pun membuat lubang angin tersebut seolah menjadi sayap pada motor Desmosedici keluaran Ducati.

Menurut Albesiano dibandingkan tim-tim balap MotoGP lainnya ia mengklaim timnya adalah yang paling mendekati untuk mengikuti aturan fairing yang baru.

Loading...

Albesiano yang memiliki latar belakang ahli dalam pengembangan aerodinamika tersebut pun menegaskan motor yang bakal digunakan Aleix Espargaro dan Sam Lowes itu paling sesuai dengan spirit keadilan dalam balap yang digelontorkan lewat aturan.

“Ducati telah membuat sesuatu yang sangat jauh dari pemahaman kami akan aturan tersebut. Ini sangat sulit untuk membuat aturan dengan tepat. Aturan mengatakan penilaian terakhir ada pada direktur teknik dari kejuaraan ini,” kata Albesiano seperti dikutip dari Crash.

Ia pun menanti penilaian dari otoritas. Jika kemudian modifikasi radikal Ducati tersebut diterima, timnya pun bakal segera melakukan tindakan di antara waktu yang semakin mepet dari dimulainya musim kompetisi 2017.

“Sekarang kami tahu bahwa kami bisa melangkah hingga poin ini, atau mungkin lebih lagi. Namun, kami akan mencoba untuk mencari sesuatu yang hampir, hampir mirip dengan fairing konvensional dan menempatkan aplikasi downforce di dalamnya,” tutur Albesiano mengungkapkan timnya pun sudah kembali ke meja riset untuk menghitung modifikasi yang tepat.

[cnn/cnn]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan