Bappenas Minta Pemda Buat Kebijakan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro.
Loading...

Menitone.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk membuat kebijakan ekonomi berbasis kearifan lokal.

“Pemda lebih tahu apa yang dibutuhkan diwilayahnya. Tentunya dengan kemampuan membuat kebijakan ekonomi lokal, daerah kita harapkan mampu tumbuh dan membenahi pembangunannya lebih baik,” kata Bambang di Makassar, Rabu (1/3).

Dia menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas telah membahas pembangunan di seluruh provinsi di daerah. Dalam rapat itu, Jokowi menyebut banyak provinsi pertumbuhan ekonominya di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

“Meski di tingkat nasional terdapat berbagai gejolak, seperti pengaruh global, harga komoditas rendah. Namun di tingkat provinsi, gejolak ini justru mampu dihadapi sehingga pertumbuhan ekonominya menjadi lebih tinggi,” kata Bambang.

Loading...

Dia menginginkan semangat penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 ini bukan semangat rutinitas. Mohon kepada Bappeda Provinsi yang hadir ditekankan semangat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas.

“Kita ingin daerah tidak menggantungkan pertumbuhan ekonominya pada nasional. Cobalah dorong pertumbuhan, dorong manajemen ekonomi yang baik dengan menggunakan sumber daya lengkap dan menggunakan kearifan lokalnya,” katanya.

[mdk/mdk]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan