News  

Kemdikbud Umumkan Hasil UNBK SMP dan MTs

Loading...

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengumumkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS hari ini, Jumat (25/5/2018), melalui masing-masing sekolah. Ada pun pengumuman hasil rekapitulasi UNBK tiap sekolah dapat dilihat di situs web Puspendik Kemdikbud.

Jadwal pengumuman hasil UNBK juga disampaikan dalam surat Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) yang dikeluarkan pada 17 Mei lalu.

Surat itu menyebutkan bahwa tanggal pengumuman hasil UNBK SMP/MTS yang semula dijadwalkan pada 18 Mei 2018 dari panitia tingkat pusat ke panitia tingkat provinsi berubah menjadi tanggal 22 Mei 2018.

Karenanya, pengumuman hasil UNBK di satuan pendidikan yang mulanya direncanakan pada 23 Mei 2018 diubah menjadi tanggal 25 Mei 2018.

Loading...

Insyaallah siswa sudah bisa cek dan guru-guru juga sudah akan tahu nilai rata-rata sekolahnya,” ucap Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan menengah, Hamid Muhammad, saat dihubungi Tirto, Jumat (25/5/2018).

Untuk SMP, jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 63 persen. Jumlah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahun 2017, yang mana UNBK untuk SMP sekitar 30 persen.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) tingkat SMP mengalami penurunan.

Muhadjir menuturkan penurunan nilai rata-rata tersebut ada kaitannya dengan integritas siswa serta tingkat kesulitan soal-soal UNBK yang dikeluarkan. Sebab, tahun ini pemerintah memasukkan beberapa soal dengan daya nalar tinggi atau higher order thinking skill.

Tahun ini, sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sendiri berjumlah sebanyak 63 persen. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahun 2017, yang angkanya sekitar 30 persen.

[Tirto]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan