oleh

184 CJH Dumai Ikuti Manasik Haji, Wako : Semoga Menjadi Haji Mandiri dan Mabrur

-News-4.507 views
Loading...

DUMAI – Sebanyak 184 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Dumai mengikuti Manasik Haji Tingkat Kota yang digelar oleh Kementrian Agama (Kemenag) bekerjasama dengan Bagian ADM Kesra Setdako dan Pertamina RU II Dumai bertempat di gedung Sasana Mitra Komplek Perumahan PT. Pertamina RU II Dumai, Kecamatan Dumai Selatan.

Manasik Haji berlangsung selama dua hari (14-15Juli 2018) dan secara resmi dibuka Walikota Dumai Drs Zulkifli As.

Pada kesempatan itu, Walikota Dumai Drs Zulkifli As mengucapkan selamat kepada Calon Jamaah Haji Kota Dumai yang mendapat panggilan dari Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji.

“Banyak orang mampu, tapi belum dipanggil Allah SWT untuk melaksanakan Rukun Islam yang kelima ini. Maka dari itu, pergunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan ikuti manasik haji dari awal hingga akhir agar kita tau tahapan pelaksanaan ibadah yang akan kita laksanakan,” ujar Walikota.

Loading...

Dari tahun ke tahun lanjut Zul As, Pemerintah Kota Dumai telah komit untuk membantu CJH Kota Dumai, khususnya masalah pembiayaan pemberangkatan Haji dari Kota Dumai menuju Embarkasi Haji, Batam, Kepulauan Riau.

“Awalnya jamaah haji tahun 2018 ini akan diberangkatkan menggunakan Pesawat dari Pekanbaru, namun berhubung ada perubahan, akhirnya jamaah haji tetap berangkat melalui Embarkasi Haji Batam. Dan Alhamdulillah, kita sudah menyiapkan transportasi untuk CJH dari Dumai menuju Embarkasi Haji Batam yakni menggunakan Kapal Ferry,” ungkap Walikota seraya menambahkan, bahwa tidak semua daerah yang memikirkan hal ini dan hingga saat ini Pemko Dumai masih komit.

Terakhir, Walikota berpesan agar para calon jamaah haji dapat mempersiapkan mental, fisik dan spiritual. Dan yang terpenting yakni jaga Kesehatan, karena ibadah haji merupakan ibadah fisik. Semoga menjadi haji mandiri dan mabrur.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai H. Syafwan menyatakan, untuk Tahun 2018 ini jumlah CJH Kota Dumai sebanyak 184 orang, terdiri dari 85 Laki – Laki dan 99 Perempuan.

“Dari 184 jamaah tersebut, 179 CJH Kota Dumai, Dua orang TPHD (Tim Pembimbing Haji Daerah) dan tiga CJH mutasi dari Kabupaten Bengkalis satu orang dan dua orang dari Kepulauan Meranti,” bebernya.

Lanjut Syafwan, Manasik haji dilaksanakan sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji tujuannya agar penyelenggaraan ibadah haji dapat berjalan lancar. Untuk itu calon jamaah haji wajib mengikuti kegiatan manasik haji.

Tak lupa, Kemenag mengucapkan trimakasih kepada Pemerintah Kota Dumai dan Pertamina RU II Dumai yang telah memfasilitasi kegiatan manasik haji dan dukungan lainnya. “ Semoga apa yang kita lakukan bersama ini mendapat berkah dari Allah SWT,” tukasnya.***(dcp/dcp)

Loading...

Komentar

Be Smart, Read More