News  

Versi Indo Barometer, Ini Presiden Paling Berhasil Memimpin Indonesia

Loading...

JAKARTA – Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan 32,9 persen responden menyatakan Soeharto adalah presiden yang paling berhasil menjalankan tugasnya.

Hasil survei yang dilakukan oleh Indo Brometer menyebutkan bahwa Soeharto Presiden Indonesia yang paling berhasil. Soeharto dianggap presiden yang paling sukses memimpin Indonesia.

“Presiden Indonesia yang dinilai publik paling berhasil adalah Soeharto dengan presentase 32,9 persen,” ujar Qodri dalam keterangan pers di Jakarta, Ahad (20/05/2018), sebagaimana dilansir dari laman Rimanews

Dilansir dari berbagai sumber dikatakan bahwa hasil dari survei yang sama pada tahun 2011 lalu Soeharto juga menjadi presiden terbaik dengan persentase sebesar 40,5 persen.

Loading...

Selain itu, survei Indo Barometer juga menyebutkan bahwa Presiden Soekarno menempati posisi kedua dengan persentase 21,3 persen. Disusul oleh Joko Widodo sebanyak 17,8 persen dan di bawahnya Susilo Bambang Yudhoyono dengan perolehan sebesar 11,6 persen.

“B.J Habibie sebesar 3,5 persen, Gus Dur sebesar 1,7 persen, dan Megawati sebesar 0,6 persen,” paparnya.

Perlu diketahui bahwa survei Indo Barometer dilakukan mulai dari 15-22 April lalu, di seluruh Indonesia dengan 1.200 responden. Margin of error survei tersebut kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Nyatanya dalam survei yang dilakukan bukan hanya soal kepimpinan saja, melainkan juga menilai dari perekonomian rakyat.

Sebanyak 20,4 persen responden menilai perekonomian rakyat merupakan barometer untuk menilai suskesnya suatu negara. Hal ini dikarenakan perekonomian rakyat merupakan hal yang dominan dan dianggap ebagai permasalahan saat ini.

Selain itu, sebanyak 9,3 persen menilai sulit mendapatkan lapangan kerja serta 7,8 persen menilai korupsi dan nepotisme.

Qodri juga menyebutkan meski perekonomian menjadi hal yang dominan, sebanyak 52,7 persen publik menilai kondisi Indonesia masa reformasi lebih baik atau jauh lebih baik ketimbang tahun 1998 lalu.

“Sedangkan yang menilai sama saja, tidak ada perubahan sebanyak 25,9 persen,” katanya.

Dengan hasil survei yang menyatakan bahwa Soeharto merupakan Presiden paling berhasil memimpin Indonesia, membuktikan bahwa guyonan ‘Piye kabare le? Enak jamanku toh?’ memang benar adanya.

[Rimanews]

Loading...

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan